PENGARUH STRES TERHADAP PSIKOLOGI SISWA

By | Juli 01, 2017 Leave a Comment
PENGARUH STRES TERHADAP PSIKOLOGI SISWA







 DISUSUN OLEH

ALIEF IHRAM FATANY
ERWIN ADRIANSYAH
MUHAMMAD TAQWA RAHMAN





PEMERINTAH KOTA MAKASSAR
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS 3 MAKASSAR
2007

LEMBAR PENGESAHAN

“PENGARUH STRES TERHADAP PSIKOLOGI SISWA”
Identitas siswa :
I.Nama         =Alief Ihram Fatany
                             Nis/No.urut=2420169/04                                                                          
                             Kelas          =XII IPA F
                         II.Nama          =Erwin Adriansyah
                             Nis/No.urut=2419900/17
                             Kelas          =XII IPA F
                        III.Nama         =Muhammad Taqwa Rahman
                             Nis/No.urut=2420070/31
                             Kelas          =XII IPA F
Makassar,19 Maret 2007

Ketua Mata Pelajaran Mulok,                                                Guru Pembimbing,



Abd.Hajar S.Pd,M.Pd.                                                   Dra.Hj.Marlan Martini
Nip:132094541                                                                 Nip:131639976

Diketahui
Pimpinan Satuan Pendidikan




Drs.Ambo Sakka M
Nip:131416680

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya besar kecilnya masalah yang menegangkan tersebut adalah relatif,tergantung dari tinggi rendahnya kedewasaan kepribadian serta bagaimana sudut pandang seseorang dalam menghadapinya.Sebagian besar dari mereka yang mengalami ketegangan mengambil jalan pintas dengan menghisap rokok secara berlebihan,obat penenang,minaman keras dan lain sebagainya,dengan harapan terhindar dari stres.Mereka tidak menyadari bahwa menghindari stres dengan melakukan hal yang salah akan dapat menerima akibat dari kesehatan yang amat buruk.
Setiap manusia dari berbagai lapisan bisa saja mengalami ketegangan hidup yang diakibatkan adanya tuntutan dan tantangan,kesulitan,ancaman ataupun ketakutan terhadap bahaya kehidupan yang semakin sulit terpecahkan,sehingga sering kali didapati seseorang mengalami ketegangan psikologi,merasakan keluhan yang kadang memerlukan perawatan dan pengobatan.
B.Rumusan Masalah
a. Identifikasi Masalah  
Berdasarkan latar belakang di atas,timbulnya stres disebabkan oleh situasi lingkungan yang dapat menyebabkan penyakit fisik dan mental seorang siswa yang akhirnya dapat menurunkan produktifitas belajar dan ketidakmampuan dalam berpikir.
Pengaruh stress yang dialami siswa terjadi disebabkan karena adanya tekanan-tekanan dalam proses pembelajaran yang melebihi ambang kewajaran dan disertai dengan kurangnya dukungan yang dibutuhkan seseorang dari berbagai pihak.
b. Rumusan Masalah  
1)Apakah yang dapat menimbulkan terjadinya stres pada siswa ?
2)Bagaimana proses stres itu terjadi ?
3)Apakah stres dapat menimbulkan kejiwaan ?
4)Bagaimanakah cara untuk mengatasi stres?


c. Cara Pemecahan Masalah
Untuk memecahkan masalah yang telah dikemukakan di atas,maka akan diadakan penelitian melalui penyebaran angket yang diadakan pada siswa-siswi kelas X-A,XI IPA C,dan XII IPA F SMA Negeri 3 Makassar.
C.Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Stres Terhadap Psikologi Siswa.
D. Manfaat
Ø   Bagi penulis : sebagai latihan dalam membuat karya ilmiah sekaligus dapat    menambah pengetahuan dari berbagai ilmu dari pengaruh stress terhadap psikologi siswa.
Ø   Bagi siswa : 1.Agar dapat mengetahui bahwa dampak negatif dari stres dapat merusak fisik dan mental.
2.Agar dapat mengetahui cara penaggulangan stres bagi pelajar.
Ø   Bagi Guru : Sebagai pembimbing dan motivator untuk membantu dalam menyusun karya ilmiah.
Ø   Bagi Orang tua : Agar orang tua dapat mendidik anaknya dengan baik.
Ø   Bagi perpustakaan : Sebagai sarana pembelajaran untuk memberitahukan kepada seluruh siswa/siswi agar dapat mengetahui pengaruh stress terhadap psikologi siswa.
Ø   Bagi masyarakat : Dengan memahami konsep stres adalah penting untuk dapat membantu mengurangi efek dari stres yang ditimbulkan sebab stres sesungguhnya tidak dapat dihilangkan dari proses kehidupan,namun juga diperlukan untuk proses pertumbuhan dan kematangan pribadi.








BAB III
METODE PENELITIAN

A. Tempat dan Waktu Penelitian  
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Makassar pada tanggal 10 Maret 2007.
B. Populasi dan Sampel  
Populasi dalam penelitian ini terbagi atas dua yaitu populasi target dan populasi terjangkau.
Populasi target adalah siswa/siswi SMA Negeri 3 Makassar,sedangkan
Populasi terjangkau adalah siswa/siswi kelas X-A,XI IPA C dan XII IPA F.
C. Instrumen Penelitian  
Penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket pada masing-masing kelas X,XII,XIII.
D. Teknik Pengumpulan Data   
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui penyebaran angket.Karena melalui penyebaran angket inilah diperoleh data-data yang menunjang dalam proses pembuatan karya tulis ilmiah ini. 




BAB II
KAJIAN TEORI
A.Pengertian Stres
Stres adalah respons tubuh yang tidak spesifik terhadap setiap kebutuhan tubuh yang terganggu,suatu fenomena universal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan tidak dapat dihindari,setiap orang mengalaminya,stress memberi dampak secara total pada individu yaitu terhadap fisik,psikologis,intelektual,social dan spiritual.
B.Sumber Stres
Sumber stress dapat berasal dari dalam tubuh dan diluar tubuh,sumber stress dapat berupa biologik/fisiologik,kimia,psikologik,sosial dan spiritual,terjadinya stres karena stressor tersebut dirasakan dan dipersepsikan oleh individu sebagai suatu ancaman,sehingga menimbulkan kecemasan yang merupakan tanda umum dan awal dari gangguan kesehatan fisik dan psikologis.
Untuk memahami sumber stress belajar,kita harus melihat stres belajar ini sebagai interaksi dari beberapa faktor,yaitu stres dipelajaran itu sendiri sebagai faktor eksternal dan faktor internal seperti karakter dan persepsi dari siswa itu sendiri.Dengan kata lain stres belajar tidak semata-mata disebabkan masalah internal,sebab reaksi terhadap stimulus akan sangat tergantung pada reaksi subjektif individu masing-masing.

C.Kondisi Pelajaran  
-Lingkungan belajar : Kondisi belajar yang buruk berpotensi menjadi penyebab siswa mudah jatuh sakit,mudah stres,sulit berkonsentrasi dan menurunnya produktifitas belajar.
-Overload :Sebenarnya overload ini dapat dibedakan secara kuantitatif dan kualitatif.Dikatakan overload secara kuantitatif jika banyaknya pelajaran yang ditargetkan melebihi kapasitas siswa tersebut.Akibatnya siswa tersebut mudah lelah dan berada dalam tegangan tinggi.





BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  A.Hasil Penelitian
Hasil penelitian diperoleh gambaran tentang persepsi siswa SMA Negeri 3 Makassar dengan jumlah 30 responden mengenai pengaruh stress terhadap psikologis siswa.Deskripsi jawaban responden memperlihatkan berbagai persepsi siswa SMA Negeri 3 Makassar sebagai berikut :
Soal :
1.Apakah anda pernah mengalami stres ?
2.Apakah anda sering merasa tegang dan cemas dalam menghadapi masalah ?
3.Apakah anda sering merasa kurang puas dengan hasil kerja anda ?
4.Apakah anda sering mengurung diri sewaktu menghadapi masalah yang tidak bisa dipecahkan ?
5.Apakah anda merasa kehilangan daya konsentrasi waktu belajar akibat masalah yang sulit untuk dipecahkan ?
6.Apakah anda sering kurang percaya diri dalam mengerjakan tugas akibat masalah yang berlarut-larut ?
7.Apakah anda sering merasa daya kreativitas anda menurun dalam menghadapi masalah ?
8.Apakah anda sering mengalami lelah mental terhadap masalah yang berlarut-larut ?
9 Dalam menghadapi masalah yang berlarut-larut,apakah rasa percaya diri anda menurun ?
10.Apakah anda merasa depresi dalam menghadapi masalah yang sulit dipecahkan ?







Tabel data hasil penelitian
Kode pertanyaan
Jawaban
Responden
Persentase
Laki-laki
Perempuan
Laki-laki
Perempuan
1
Sering
4
10
13%
33%

Kadang-kadang
4
8
13%
27%

Jarang
2
2
7%
7%

Tidak pernah
2
-
7%
-
2
Sering
2
9
7%
30%

Kadang-kadang
5
9
17%
30%

Jarang
3
2
10%
7%

Tidak pernah
-
-
-
-
3
Sering
4
7
13%
23%

Kadang-kadang
5
12
17%
40%

Jarang
-
2
-
7%

Tidak pernah
1
-
3%
-
4
Sering
1
6
3%
20%

Kadang-kadang
3
4
10%
13%

Jarang
2
7
7%
23%

Tidak pernah
3
3
10%
10%
5
Sering
2
9
7%
30%

Kadang-kadang
6
9
20%
30%

Jarang
1
2
3%
7%

Tidak pernah
-
-
-
-
6
Sering
1
2
3%
7%

Kadang-kadang
3
12
10%
40%

Jarang
5
6
17%
20%

Tidak pernah
1
-
3%
-
7
Sering
2
4
7%
13%

Kadang-kadang
3
10
10%
33%

Jarang
4
3
13%
10%

Tidak pernah
1
2
3%
7%
8
Sering
3
3
10%
10%

Kadang-kadang
2
6
7%
20%

Jarang
5
6
17%
20%

Tidak pernah
1
4
3%
13%
9
Sering
3
4
10%
13%

Kadang-kadang
1
8
3%
27%

Jarang
5
4
17%
13%

Tidak pernah
1
3
3%
10%
10
Sering
2
4
7%
13%

Kadang-kadang
3
5
10%
17%

Jarang
1
6
3%
20%

Tidak pernah
3
4
10%
13%

   B.Pembahasan
Berdasarkan table data hasil penelitian terlihat berbagai persepsi siswa SMA Negeri 3 Makassar mengenai pengaruh stres terhadap psikologis siswa.Dari jawaban responden yang menyatakan bahwa siswa SMA Negeri 3 Makassar yang sering mengalami stress adalah sebagai berikut:
1.Siswa laki-laki yang sering mengalami stres berjumlah 4 siswa (13%),kadang-kadang mengalami stres berjumlah 4 siswa(13%),jarang mengalami stress berjumlah 2 siswa       ( 7%)dan siswa yang tidak pernah mengalami stres berjumlah 2 siswa (7%).
2.Siswa perempuan yang sering mengalami stres berjumlah 10 siswa (33%),kadang-kadang mengalami stress berjumlah 8 siswa(27%),jarang mengalami stress berjumlah 2 siswa(7%)dan siswa yang tidak pernah mengalami stress berjumlah 0 siswa (0%).

Jadi berdasarkan hasil responden oleh siswa SMA Negeri 3 Makassar terlihat bahwa siswa yang lebih sering mengalami stres adalah siswa  perempuan.













BAB V
PENUTUP
A.Kesimpulan
Stres adalah respons tubuh yang tidak spesifik terhadap setiap kebutuhan tubuh yang terganggu,sehingga munculnya masalah –masalah yang berhubungan dengan kesehatan,psikologis,intelektual,sosial dan spiritual.Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa laki-laki yang sering mengalami stres sekitar 13 %-26%,sedangkan siswa perempuan yang sering mengalami stres sekitar 33%-60%.Angka hasil penelitian ini cukup besar bagi setiap siswa laki-laki maupun siswa perempuan.Tentunya untuk mengatasi stres bagi siswa yaitu olah raga,minum air putih,pijat,makan makanan bergizi,tidur dan lain-lain. 

B.Saran
1.Sekolah seharusnya memberi perhatian yang lebih terhadap siswa kurang mampu dalam hal administrasi.
2.Diharapkan guru mampu memberikan toleransi kepada siswa-siswi dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan.
3.Siswa-siswi diharapkan untuk lebih mengefisiensikan waktu dalam mengerjakan tugas sekolah.










 

DAFTAR PUSTAKA

Rasmin.2004.Stres,koping dan adaptasi.Surabaya:Sagung Seto.
Swarth,Judith.1986.Stres dan Nutrisi.Jakarta:Bumi Aksara
Makin,Peter E.,and Patricia A Lindley.1989.Mengatasi Stres secara positif.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
W.W.W.L-psikologi .com/masalah/igolus.html.
W.W.W.Psikologi-untar.com/psikologi/skripsi.



















KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subehanahu Wata’ala karena dengan rahmat dan hidayah-Nyalah sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini.
Penyusunan karya ilmiah ini berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan serta literatur-literatur dari beberapa sumber.Selain itu,karya ilmiah ini disusun secara sistematis dengan mengikuti aturan bahasa yang tepat dan telah disempurnakan agar para pembaca dapat lebih mudah memahami isi karya ilmiah ini.
Kami menyadari bahwa karya ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan.Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang berifat membangun dari para pembaca untuk dapat menyempurnakannya.
Melalui karya ilmiah ini kami juga mengucapkan banyak terimah kasih kepada guru pembimbing mata pelajaran muatan lokal Dra.Hj.Marlan Hartini,orang tua kami serta teman-teman yang telah mendukung dalam pembuatan karya ilmiah ini.
Semoga karya ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi siswa SMA Negeri 3 Makassar.




Makassar,….April 2007


Penulis
  






ABSTRAK

Karya tulis yang berjudul Pengaruh  Stres Terhadap Psikologi Siswa dilaksanakan pada lingkungan sekolah SMA Negeri 3 Makassar dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi melalui penyebaran angket.Sample yang diambil adalah siswa kelas, XI IPA dan X-A yang terdiri dari 20 orang.
Masalah yang diteliti dalam karya tulis ini adalah bagaimana pengaruh Stres Terhadap Psikologi Siswa.Hasil penelitian dari karya tulis ini adalah semua siswa SMA Negeri 3 Makassar.




















                                                                                                      

DAFTAR ISI

Halaman Judul................................................................................................. i
Lembar Pengesahan........................................................................................ ii
Kata Pengantar................................................................................................ iii
Abstrak............................................................................................................ iv
Daftar Isi......................................................................................................... v
BAB I Pendahuluan
               A. Latar Belakang............................................................................ 1
               B. Rumusan Masalah....................................................................... 1
                     a. Identifikasi Masalah............................................................... 1
                     b. Rumusan Masalah.................................................................. 1
                     c. Cara Pemecahan Masalah....................................................... 2
               C. Tujuan.......................................................................................... 2
               D. Manfaat....................................................................................... 2
BAB II Kajian Teori
               A. Pengertian Stres.......................................................................... 3
               B. Sumber Stres............................................................................... 3
               C. Kondisi Pelajaran........................................................................ 3
BAB III Metode Penelitian
               A.Pengertian Stres............................................................................ 4
               B.Sumber Stres................................................................................. 4
               C.Kondisi Pelajaran.......................................................................... 4
BAB IV Hasil Penelitian dan Pmbahasan....................................................... 6
BAB V  Penutup
               A.Kesimpulan.................................................................................. 10
               B.Saran............................................................................................ 10



0 komentar:

Posting Komentar